Instal MySQL 5.7 di macOS

Published on 29 Aug, 2021 and it's getting updated on 23 Sep

Written by Irsyad A. Panjaitan

ArticlesInstal MySQL 5.7 di macOS

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana tepatnya cara Anda menginstal mysql 5.7 di macOS Anda.

Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa brew telah diinstal di mesin Anda. Kalau tidak, Anda bisa melakukannya sekarang seperti itu

/usr/bin/ruby -e “$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

Jika sudah terinstall, sekarang kita bisa melanjutkan install core yang sedang kita bicarakan. Sekarang mari kita mulai melihat info mysql yang kita inginkan dengan menjalankan perintah ini:

brew search mysql

Dan Anda akan melihat beberapa opsi untuk mysql nya, satu yang kita butuhkan adalah v5.7. Oleh karena itu, silahkan lakukan instalasi dengan cara.

brew install [email protected]

Setelah selesai, sekarang kita perlu menginstal layanan brew dengan menjalankan perintah ini:

brew tap homebrew/services

Kemudian kita dapat mencoba memulai service mysql dengan brew services start [email protected]. Seharusnya sekarang, jika Anda ketik brew services list, dia akan memperlihatkan service apa saja yang berjalan.

Kita sudah selesai ? Ya, jika Anda baru menginstal OS baru Anda, tetapi jika anda sudah mempunyai mysql yang sudah terinstall, Anda perlu menautkan brew ke mysql yang baru saja Anda instal, untuk melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah menautkannya dengan mengetik brew link [email protected] --force .

Sekarang, Anda perlu memastikan bahwa versinya sama dengan yang baru saja Anda instal, periksa ini dengan: mysql -V, pada saat penulisan ini, ini akan menunjukkan Anda seperti ini 5.7.24.

Secara default, brew akan menginstal Anda mysql tanpa kredensial kata sandi, tetapi Anda dapat memodifikasinya dengan menjalankan perintah ini:

mysqladmin -u root password ‘your_secret_password’

Pastikan Anda mengetikkan kata sandi dengan tanda kutip tunggal. Tetapi jika Anda berada di lingkungan lokal, biarkan saja (tanpa kata sandi).

Sekarang Anda dapat mengelola database Anda dengan menggunakan apa pun yang Anda inginkan, tetapi saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan Table Plus.

Itu saja untuk hari ini! Terima kasih ?

Irsyad A. Panjaitan

Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself.
2

Share on

Parsinta is a Trademark of Irsyad A. Panjaitan.

© Copyright 2022 Parsinta. All rights reserved. Yes, all of them (EC00202255558).