Sabtu, 19 October 2024

Laravel Script: composer run dev

Dalam artikel ini kita akan membahas script yang baru saja di tambahkan di laravel skeleton v11.3.0.

Laravel

Di versi laravel yang terakhir, ada script baru yang di letakkan pada composer.json yaitu dev. Dimana script ini akan menjalankan beberapa hal seperti:

  • php artisan serve
  • php artisan queue:listen --tries=1
  • php artisan pail
  • npm run dev

Dimana semua perintah tersebut akan di jalankan secara bersamaan menggunakan concurrently. Jadi sekarang, ketika kita ingin membuka laravel project, tidak perlu lagi menjalankan artisan serve, dan npm run dev satu persatu. Melainkan jalankan saja composer run dev dan semua yang kita butuhkan untuk dev akan di jalankannya.

Berikut adalah screenshot dari perintah ini:

composer run dev parsinta.com

Jika kalian tidak mengetahui untuk apa itu php artisan pail, ini adalah perintah untuk melihat semua log yang terjadi di Laravel. Mungkin kalian baru mendengar package ini, karena juga ini baru dibangun setahun terakhir.

Jika kalian tidak menemukan perintah ini di project yang sedang kalian pakai, tidak usah khawatir. Karena itu tentu bisa dibuat sendiri di file composer.json kalian.

"scripts": {
    "post-autoload-dump": [...],
    "post-update-cmd": [...],
    "post-root-package-install": [...],
    "post-create-project-cmd": [...],
    "dev": [
      "Composer\\Config::disableProcessTimeout",
      "npx concurrently -c \"#93c5fd,#c4b5fd,#fb7185,#fdba74\" \"php artisan serve\" \"php artisan queue:listen --tries=1\" \"php artisan pail\" \"npm run dev\" --names=server,queue,logs,vite"
    ]
  },

Mantapnya adalah, setiap perintah di bedakan dengan warnanya masing-masing, sehingga kita dapat dengan mudah melihat yang mana untuk queue, atau yang mana untuk serve, dsb.

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.