Sabtu, 28 January 2023

Apa Yang Baru Di Laravel 10

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa-apa saja yang terbaru di dalam Laravel 10. Namun saat saya menulis artikel ini, tentunya laravel masih versi 9.48.0.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa-apa saja yang terbaru di dalam Laravel 10. Namun saat saya menulis artikel ini, tentunya laravel masih versi 9.48.0.

Mulai Install Laravel v10

Untuk mencoba fitur-fitur laravel 10 bisa langsung menginstal nya dengan menambahkan flag --dev seperti:

laravel new laravel-10 --dev

Maka harusnya dia akan langsung menginstal Laravel v10.x-dev.

Artisan Command Lebih Interaktif

Kenapa saya bilang lebih interaktif? Karena memang yang baru ini benar-benar mantap, dulu nya jika kita buat command seperti:

php artisan make:model

Maka akan muncul error seperti:

Not enough arguments (missing: "name").

Namun sekarang sudah berubah, ketika kita buat perintah php artisan make:model kemudian enter, dia akan langsung bertanya apa nama model nya, kemudian dia juga bertanya apakah kita ingin install teman-teman nya.

Artisan Lebih Interaktif

PHP 8.0 Tidak Akan Didukung Lagi

Jika kalian ingin menggunakan laravel v10, pastikan kalian sudah siap dengan versi php paling kecil itu v8.1. Jika kalian sudah familiar dengan v8.2, sudah pasti valid.

dispatchNow() Sudah Di Hapus

Fungsi ini biasa di lakukan untuk memacu job yang telah kita buat, nah di v10 ini akan di hapus, dan mulai sekarang, gantilah dengan dispatchSync().

Pull request bisa dilihat github: [[10.x] Remove deprecated dispatchNow functionality](https://github.com/laravel/framework/pull/42591).

List Metode Yang Akan Dihapus

Jika kalian ingin tahu apa saja metode yang di hapus, silakan lihat pr nya satu persatu.

doctrine/dbal Tidak Dibutuhkan Lagi

Biasanya ketika kita ingin merubah kolom, kita di haruskan untuk menginstal third-party package yaitu doctrine/dbal. Nah di v10 kita tidak perlu lagi, karena by default laravel akan sudah bisa merubah kolom jika diperlukan.

Method yang Telah di Usang

Jika Anda sedang menggunakan metode Redirect::home, sebaiknya mulai sekarang di ganti dengan jelas untuk route name. Seperti misalnya: Redirect::route('home');.

Atau Anda pasti tahu, di laravel 9 juga sudah ada helper function untuk redirect ke route seperti to_route('home'). Jadi tanpa menggunakan Redirect::class juga tidak masalah.

$dates Sudah Di Hapus

Eloquent model's deprecated $dates sudah lama di usang, sehingga pada v10 ini, Laravel resmi menghapusnya dan akan menetapkan untuk menggunakan $casts.

Berikut adalah contoh nya:

protected $casts = [
    'published_at' => 'datetime',
];

Welcome Screen Design Baru

Pada 9 februari, tepat semalam saat saya perbarui artikel ini, taylor otwell sudah spill tampilan baru untuk welcome screen pada laravel 10 nanti pada tweet nya.

Laravel 10 Welcome Screen

Jika saya tidak mention pada artikel ini, mungkin sudah ada di artikel: Apa Saja Yang Akan Hadir Di Laravel 10. Karena ini belum rilis, bisa jadi nanti ada penambahan baru. Yang pasti nanti kita tunggu aja untuk rilisnya di februai awal.

Semoga artikel ini bermanfaat, like dan share jika kalian suka. Video akan menyusul nanti di youtube. Ketika nanti video sudah dibuat, maka artikel ini akan diperbarui.

Karteil
Destinasi Utama Belajar Online dengan Format Tulisan yang Elegan
Kunjungi Sekarang