Sabtu, 25 March 2023

Laravel Breeze Semakin Diperbarui

Dalam artikel ini kita akan membahas apa-apa saja fitur yang kita dapat jika kita menggunakan laravel breeze sebagai starter kit project yang kita mulai.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa-apa saja fitur yang kita dapat jika kita menggunakan laravel breeze sebagai starter kit project yang kita mulai.

Stack

Ada empat stack yang dapat kita pilih ketika kita memulai project dengan breeze. Berikut adalah stack yang ditawarkan oleh breeze sendiri.

  1. blade
  2. react
  3. vue
  4. api

Dark Mode Support

Selain stack yang banyak, breeze juga memberikan kita opsi untuk mendukung dark mode. Jadi kita tinggal beritahu saja breeze sewaktu kita menjalankan perintah artisan breeze:install.

Typescript (React or Vue)

Baru-baru ini, laravel breeze baru saja di perbarui lagi, yaitu mendukung typescript dari pada javascript. Untuk typescript ini, banyak yang bilang masih banyak masalah terkait penggunaannya dengan Vue, namun jika Anda pengguna react, itu sudah pasti tidak ada masalah.

Dan fitur ini termasuk masih experimental, bukan stable ya. Mungkin dengan "experimental" ada beberapa fitur yang mesti diperbaiki lagi di dalam syntaks nya.

Inertia Server Side Rendering

Mungkin fitur ini sudah tidak asing lagi ya, karena sejak jaunari 2022 fitur ini sudah resmi didukung inertia dan di masukkan ke dalam breeze.

PHP Testing (Latest Version)

Selain dari pada semua yang ada di atas, breeze juga bertanya, kita ingin menggunakan pest atau phpunit sebagai php testing frameworknya. Jika kita pilih pest, maka harusnya dia sudah menggunakan pest v2, jika kita pilih phpunit, maka dia akan menggunakan v10.

Instalasi Breeze

Sebelum saya menutup artikel ini, saya akan terlebih dahulu menunjukkan bagaimana cara setup breeze nya dari awal sekali.

Pertama sekali, mari kita lakukan instalasi laravel nya dengan menjalankan perintah seperti berikut:

laravel new breeze

Setelah itu, masuk ke folder breeze dengan perintah cd breeze. Dan jalankan perintah instalasi menggunakan composer seperti:

composer require laravel/breeze --dev

Setelah itu selesai, maka harusnya sekarang kita bisa langsung menjalakan perintah instalasi breezenya seperti:

php artisan breeze:install

Jika Anda tekan enter, maka akan ada beberapa pertanyaan yang muncul seperti berikut:

Screenshot stack of laravel breeze

Setelah itu selesai, maka Anda bisa langsung lihat hasil nya di browser dengan menjalankan perintah php artisan serve. Atau jika Anda ingin mengganti isi-isinya, merubah warna, bahasa dan sbg nya, maka jangan lupa untuk menjalankan npm run dev di tab yang lain.

Laravel akan semakin kren jika developer nya tidak muak untuk terus berkarya di dalam package-package nya. Saya Irsyad, saya akan melihat Anda di artikel selanjutnya.

Karteil
Destinasi Utama Belajar Online dengan Format Tulisan yang Elegan
Kunjungi Sekarang