Jumat, 21 July 2023

Tutorial Laravel Livewire 3

Livewire adalah paket Laravel, jadi Anda harus memiliki dan menjalankan aplikasi Laravel sebelum Anda dapat menginstal dan menggunakan Livewire.

Tanggal Rilis Laravel Livewire v3

Caleb Porzio baru saja mengumumkan bahwa Laravel Livewire v3 akan dirilis secara resmi pada tanggal 20 Juli, di Laracon US!

Jika tertarik mempelajari nya, bisa langsung tonton di seri Tutorial Laravel Livewire 3.

Instalasi Laravel Livewire 3

Untuk menginstal Livewire, buka terminal Anda dan navigasikan ke direktori aplikasi Laravel Anda, lalu jalankan perintah berikut :

composer require livewire/livewire:^3.0@beta

File Konfigurasi

Livewire adalah "zero-config", artinya Anda dapat menggunakannya dengan mengikuti konvensi tanpa konfigurasi tambahan apa pun. Namun, jika diperlukan, Anda dapat menerbitkan dan menyesuaikan file konfigurasi Livewire dengan menjalankan perintah Artisan berikut:

php artisan livewire:publish --config

Ini akan membuat file livewire.php baru di direktori config aplikasi Laravel Anda.

Secara default, Livewire memasukkan aset JavaScript dan CSS yang dibutuhkannya ke setiap halaman yang menyertakan komponen Livewire.

Jika Anda menginginkan lebih banyak kontrol atas penggunaan ini, Anda dapat secara manual menyertakan aset pada halaman menggunakan arahan Blade berikut:

../layouts/app.layout.blade.php
<html>
<head>
    ...
    @livewireStyles
</head>
<body>
    ...
    @livewireScripts
</body>
</html>

Dengan menyertakan aset ini secara manual di halaman, Livewire tahu untuk tidak menggunakan aset secara otomatis.

Meskipun jarang diperlukan, Anda dapat menonaktifkan perilaku aset penggunaan otomatis Livewire dengan memperbarui opsi konfigurasi inject_assets di file config/livewire.php aplikasi Anda:

config/livewire.php
'inject_assets' => false,

Livewire v3 masih beta. Dalam siklus pengembangan perangkat lunak, "beta" biasanya merujuk pada versi yang sedang dalam pengujian dan belum siap untuk produksi atau rilis final

Untuk dokumentasi versi 3 ini sekarang sudah berpindah domain ke livewire.laravel.com, jadi silakan baca-baca lebih lanjut terkait livewire 3 ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi teman-teman.