Sabtu, 09 July 2022

Menggunakan Laravel Migrations Generator

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat tabel-tabel yang ada di dalam database untuk kemudian dijadikan file migrasi satu per satu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat tabel-tabel yang ada di dalam database untuk kemudian dijadikan file migration satu per satu.

Pertama sekali, silakan instal terlebih dahulu package untuk generator ini.

composer require "kitloong/laravel-migrations-generator" --dev

Setelah itu, pastikan folder migrations sudah ada di dalam folder database. Jika ingin lebih fresh, maka Anda bisa mengkosongkan folder itu.

Pilih Tabel Sesuai Keinginan

Mungkin Anda berpikir tidak ingin menggenerasi semua tabel-tabel yang ada di dalam database tersebut. Maka untuk itu, kita bisa menjankan perintah berikut:

php artisan migrate:generate --tables="users,articles,permissions"

Untuk contoh di atas, saya buat untuk "users,articles,permissions", tentunya Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan tabel yang Anda inginkan.

Abaikan Tabel Yang Tidak Diperlukan

Selain kita bisa menggenerasi tabel-tabel yang kita inginkan saja, package ini juga mempunyai opsi untuk mengabaikan tabel-tabel apa saja yang tidak mau generasi. Untuk melakukan hal itu, kita bisa menjalankan perintah berikut:

php artisan migrate:generate --ignore="invoices,employees,books"

Generasi Semua Tabel

Selain kita bisa memilih dan mengabaikan tabel-tabel apa saja yang seharus digenerasi. Maka package ini juga bisa menggenerasi semua tabel yang ada dalam database kita. Untuk itu, kita hanya perlu menjalankan migrate:generate tanpa flag apa pun seperti:

php artisan migrate:generate

Terimakasih kepada Kit Loong, yang mana telah menciptakan package ini. Anda bisa baca lebih lanjut opsi-opsinya langsung pada github nya. Semoga artikel ini bermanfaat, until next time. 👋🏻

Karteil
Destinasi Utama Belajar Online dengan Format Tulisan yang Elegan
Kunjungi Sekarang

Irsyad A. Panjaitan

Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself.

Go to Irsyad A. Panjaitan profile
Support me
SaweriaGithub