Rabu, 23 February 2022

Laravel Tips and Tricks: Panduan untuk Pengembang

Dalam artikel ini, kita akan membahas tips and trick dalam menggunakan laravel, baik di blade, query, maupun artisan cli.

Pertama, kita akan bahas tentang pembuatan migration, ya saya tau Anda buat migration dengan sekalian dengan model, tapi anggap dulu Anda butuh migration yang tidak butuh model seperti misalnya pivot table. biasanya jika ingin membuat migration, Anda pasti pakai underscore (_), seperti:

artisan make:migration add_published_at_to_articles_table

Jika Anda tidak tau, sekarang Anda bisa menghilangkan tanda _ dan langunsg ganti dengan spasi seperti ini:

artisan make:migration "add published at to articles table"

Next kita bahas tentang routing, sebenarnya disini lebih memastikan tipe data parameter yang didapat. Dulu jika kita ingin memastikan bahwa wildcard yang diterima hanya boleh nomrik, bisa seperti ini.

# Before
Route::get('/user/(id}', function ($id) {
    //
})->where('id', '[0-9]+');

# After
Route::get('/user/(id}', function ($id) {
    //
})->whereNumber('id');

Jika Anda membiarkan form terbuka di browser dan mencoba mengisinya dalam 2+ jam kemudian, Anda akan mendapatkan kesalahan 419 atau bisa dibilang halaman kedaluwarsa. Nah untuk mengindari itu, Anda bisa menambahkan satu meta dalam tag <head> seperti ini.

<meta http-equiv="refresh" content="60">

Jika Anda ingin melihat lebih banyak dari ini, Anda bisa lihat menonton serinya disini, Itu saja dulu ya, Nanti lagi kita tambah. Share jika Anda terbantu dalam artikel ini.

Karteil
Destinasi Utama Belajar Online dengan Format Tulisan yang Elegan
Kunjungi Sekarang