Belajar Laravel Lebih Dari Sekedar Fundamental
The account you're visited is private.
The account you're visited is private.

20 July by Irsyad A. Panjaitan

Laravel v9.21.0: Apa yang Baru?

Tepat pada tanggal 19 juli 2022 Laravel baru saja merilis update terbarunya di versi v9.21.0. Kali ini ada beberapa peningkatan seperti mendesain ulang artisan cli nya, perintah artisan baru, vite 3 support dan terakhir adalah pint yang ada by default.

Laravel v9.21.0: Apa yang Baru?

Tepat pada tanggal 19 Juli 2022 Laravel baru saja merilis update terbarunya di versi v9.21.0. Kali ini ada beberapa peningkatan seperti mendesain ulang artisan cli nya, perintah artisan baru, vite 3 support dan terakhir adalah pint yang ada by default.

Refresh Artisan CLI

Dengan desain yang sekarang, artisan cli jauh lebih mantap. CLI di desain dengan Termwind yang mana package dibuat oleh salah satu tim inti laravel juga yaitu Nuno Maduro dan Francisco Madeira.

Berikut adalah salah satu tampilan untuk artisan optimize:clear

Fresh command

Perintah Artisan Baru

Ada 2 perintah baru yang dikeluarkan pada rilis kali ini, yaitu yang pertama about dan juga model:show. Perintah about akan mengeluarkan informasi yang terkandung dalam project yang saat ini kita kerjaan seperti konfigurasi, nama domain, nama aplikasi dan lain-lain.

Sedangkan model:show akan menunjukkan informasi yang terkait dengan model itu serta menunjukkan kolom-kolom yang ada pada tabel nya. Namun perintah ini tidak bisa dijalankan tanpa ada package Doctrine DBAL. Jadi untuk menjalankan perintah ini, pastikan Anda sudah install package nya, baru kemudian Anda bisa memakai nya.

composer require doctrine/dbal

Kemudian Anda bisa jalankan model:show untuk melihat informasi model yang diberikan seperti misalnya User.

php artisan model:show User

Perintah tersebut akan melihat direktori app/Models, sehingga jika di dalam folder Models Anda membuat folder lagi, Anda harus menyisipkan full namespace seperti:

php artisan model:show Directory/Reviewer

Support Vite.js 3

Karena Vite.js sendiri baru saja merilis versi terbarunya yaitu v3.0, sehingga laravel juga sudah support akan hal itu. Sehingga jika Anda lakukan instalasi Breeze dan Jetstream sudah akan support versi 3 ini.

Laravel Pint OOTB

Sewaktu saya menulis artikel "Laravel Pint: PHP Fixer Minimalis", laravel belum menyisipkan Laravel Pint by default. Namun sekarang jika Anda melakukan instalasi laravel, maka pint akan otomatis sudah ada di dalamnya.

laravel new fixmi
cd fixmi
./vendor/bin/pint

Semoga artikel ini bermanfaat, until next time 👋🏻

1

Share on

Irsyad A. Panjaitan

Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself.