Kamis, 02 December 2021

Membangun Forum Dengan Laravel TDD Sudah Selesai

Seperti yang kita sama-sama ketahui, pada seri ini kita akan membangun forum dengan test driven development, yang mana kita akan mengimplementasikan Pest dari pada PHPUnit, kita juga akan menggunakan Inertiajs disertai dengan Tailwind CSS.

Seperti yang kita sama-sama ketahui, pada seri ini kita akan membangun forum dengan test driven development, yang mana kita akan mengimplementasikan Framework Laravel, dan sebagai testingnya kita akan gunakan Pest - An elegant PHP Testing Framework dari pada PHPUnit - The PHP Testing Framework, kita juga akan menggunakan Inertiajs - The Modern Monolith disertai dengan Tailwind CSS - A utility-first CSS framework.

Melihat apa yang akan kita bangun ini, Anda sudah pasti menebaknya, bahwa banyak sekali hal yang bisa kita pelajari didalam seri ini. Termasuk tentang bagaimana implementasi Polymorphic Relationships didalam laravel, dan kita juga akan menggunakan Pest sebagai testernya, tetapi jika Anda tidak suka dengan Pest ini, tidak masalah, Anda tetap bisa menggunakan PHPUnit. Oia, Anda juga bisa mempelajari test pada pada topik Test-Driven di Parsinta. Dan ketika Anda ingin melihat bagaimana implementasi PHPUnit didalam Laravel, Anda bisa lihat itu pada seri Test Driven Laravel.

Jika Anda perhatikan, kita juga mengimplementasikan Tailwind CSS disini. Jadi semua desain yang ada diseri ini akan di generasi menggunakan framework ini. Jadi ada banyak hal yang bisa dipelajari disini, seperti misalnya teknik bagaimana membuat form, implementasi best practice, dan juga mendesain dengan responsive.

Tidak hanya itu, disini kita juga akan mengimplementasikan Inertiajs sebagai alat untuk mempersatukan antara backend dan front-end, dan yang paling penting dan yang paling dipinta oleh banyak orang di seri ini adalah mengimplementasikan nya dengan ReactJS, oleh karena itu seri ini bisa disebut dengan CLARA, mungkin Anda bingung ya apa itu CLARA, itu adalah kata yang mempunyai kepanjangan yang saya buat sendiri aja, yaitu Create Laravel And React App. Mantap kan namanya. Kayak nama cewek 😆.

Oia, sebelum saya Anda pergi, Anda bisa lihat dibawah adalah list episode yang akan kita bahas, atau Anda bisa langsung cek di seri ini.

  1. Intro And Setup
  2. Ayo Kita Modifikasi
  3. Setup Table Dan Factory
  4. Route And Controller
  5. User Bisa Membuat Thread Baru
  6. Langsung Buat Thread Nya
  7. User Bisa Update Thread
  8. Pastikan Bahwa Usernya Punya Izin
  9. Update Thread Nya Dong
  10. Pastikan Bahwa User Bisa Hapus Thread
  11. Thread Index Dan Hapus
  12. Lazy Loading Dan Transform
  13. Setup Reply Table Dan Relasinya
  14. Kita Perlu Url Yang Bagus
  15. Refactoring Test Endpoint
  16. User Bisa Buat Membalas Thread
  17. Reply Thread Dan Tambah Test Nya
  18. Reply Resource Dan Tampilkan
  19. Balasan Bisa Dibalas
  20. Balas Reply Dan Tampilkan Langsung
  21. Fix Bug Reply
  22. Setup Tabel Untuk Like
  23. Tonton Aja Dulu
  24. Mari Kita Test Likenya
  25. Refactoring Code
  26. Bagaimana Jika User Tidak Autentikasi
  27. Pebaiki Dan Implementasi Like Nya
  28. Bagaimana Dengan Jawaban Terbaik
  29. Test Dulu Dong
  30. Impelementasi Jawaban Terbaiknya
  31. Kita Perlu Sistem Recursive Disini
  32. Pagination Dulu
  33. Kategori Dan Pencarian
  34. Implementasi Pencarian
  35. Ayo Kita Gunakan Headless Ui
  36. Desain Untuk Sidebar
  37. Desain Untuk Threads
  38. Buat Dinamik Untuk Tampilannya
  39. Design Untuk Single Thread
  40. Filter Dari Semua Bagian
  41. Fixed Unknown Request
  42. Responsive Navigation Dengan Headless Ui
  43. Buat 1 Master Page Dan Perbaiki Popular
  44. Fix Update, Redesign
  45. Design Create & Edit

Semoga artikel ini bermanfaat, jika Anda punya pertanyaan, silahkan langsung aja gabung di discord parsinta. Atau Anda bisa mention di twitter.

Jangan lupa, jika Anda tertarik untuk mempelajari seri ini, Anda bisa lihat itu pada seri Membangun Forum Dengan TDD di halaman series.

Karteil
Destinasi Utama Belajar Online dengan Format Tulisan yang Elegan
Kunjungi Sekarang

Irsyad A. Panjaitan

Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself.

Go to Irsyad A. Panjaitan profile
Support me
SaweriaGithub