The account you're visited is private.
The account you're visited is private.

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah melihat artikel di parsinta juga tentang bagaimana Upgrade PHP 8.1 dengan Homebrew di Mac. Tapi pada artikel itu kita masih melakukan dengan third-party package, yang mana kita menggunakan package dari shivammathur.

Dan pada saat saya menulis artikel ini, PHP 8.1 sudah resmi rilis di Homebrew, jadi kita tidak perlu lagi menggunakan third-party package tersebut.

Untuk memulai itu, yang paling pertama Anda perlu update brew nya sendiri dengan cara seperti ini.

brew update

Selanjutnya, jika Anda lakukan pencarian dengan menggunakan keyword php seperti berikut.

brew search php

Pasti akan muncul seperti ini.

==> Formulae
brew-php-switcher   php-cs-fixer        [email protected]7.3             phpbrew             phpmyadmin          pcp
php ✔               php-cs-[email protected]2      [email protected]7.4             phplint             phpstan             pup
php-code-sniffer    [email protected]7.2             [email protected]8.0             phpmd               phpunit

Nah jika Anda melihat tanda ✔, itu artinya versi yang sedang Anda pakai. Nah jika ingin upgrade mudah saja dengan cara seperti ini.

brew upgrade php

Jika sudah selesai, harusnya Anda sudah mempunyai PHP 8.1 sekarang. Cek dengan cara run php --version, maka harusnya yang muncul adalah seperti berikut.

PHP 8.1.0 (cli) (built: Nov 28 2021 01:31:19) (NTS)
Copyright (c) The PHP Group
...

Dan sekarang, untuk jaga-jaga, mana tau masih banyak project Anda yang menggunakan PHP 8.0, mari kita cari aman untuk melakukan instalasi PHP 8.0 nya dengan cara seperti berikut.

brew install [email protected]8.0

Jika sudah selesai, maka jika Anda lihat versinya pasti masih 8.1, kenapa seperti itu ? Karena sistem belum tau kita mau makai yang versi 8.0. Untuk itu, saya disini beranggapan bahwa Anda menggunakan Valet, sehingga untuk berganti-ganti versi itu sangat mudah sekali.

Anda cukup lakukan perintah berikut.

valet use [email protected]8.0 --force

Maka harusnya sekarang dia akan restart semua yang seharusnya di restart-nya, seperti nginx dan termasuk restart php nya sendiri. Jika Anda lihat sekarang versinya, maka harusnya sekarang sudah seperti berikut.

PHP 8.0.13 (cli) (built: Nov 28 2021 13:11:14) ( NTS )
Copyright (c) The PHP Group
...

Nah, sekarang jika Anda ingin memakai versi 8.1, itu sangat mudah dengan melakukan hal yang sama, hanya saja yang untuk 8.0 kita perlu versi, namun jika untuk 8.1 tidak perlu.

Jadi cukup jalankan

valet use php --force

Maka sekarang jika Anda lihat versinya, harusnya sudah 8.1.

$ php --version
PHP 8.1.0 (cli) (built: Nov 28 2021 01:31:19) (NTS)
Copyright (c) The PHP Group
...

Itu saja untuk artikel kali ini, jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk beri tahu teman Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

3

Share on

Irsyad A. Panjaitan

Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself..