Error: SET PASSWORD has no significance for user 'root'@'localhost' Mysql

1 min read

Published on 04 Oct (updated: 20 Oct)

Written by Yandi Novriandi

Fill in ServerDatabase

ArticlesError: SET PASSWORD has no significance for user 'root'@'localhost' Mysql

Kesalahan ini akan muncul ketika anda menjadi pengguna system operasi linux dan macOS, karena sebagian orang sudah terbiasa mengoperasikan database MYSQL di local dev menggunakan terminal/CLI.

Berbeda jika kita menggunakan xampp dan applikasi lain sejenisnya yang sudah di bundle bisa menjalankan sekaligus php sebagai web server dan Mysql sebagai database server kita anya cukup klik tombol untuk menjalankan server tersebut dan melakukan configurasi database melalui phpmyadmin yang sekaligus terinstall pada saat penginstalan Xampp.

Error Failed! Error: SET PASSWORD has no significance for user 'root'@'localhost' muncul ketika kita melakukan perintah mysql_secure_installation jika kalian melakukan penginstalan mysql melalui command line interface sebelum juli 2022 ini tidak akan terjadi masalah.

Error ini muncul sejak juli 2022 entah karena update ubuntu atau update dari MYSQL sendiri, dan untuk mengatasinya silahkan ikuti cara berikut ini.

akses database Msql menggunakan superuser kalian dengan perintah:

sudo mysql
bashCopy

Kemudian jalankan perintah ALTER USER agar user root melakukan login database menggunakan password, lakukan dengan perintah ini ,

> ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED WITH mysql_native_password BY 'password';
bashCopy

Setelah itu, kita bisa keluar dengan perintah:

> exit
bashCopy

Untuk keluar dari configurasi tadi, jika selesai kalian bisa mengulang kembali configurasi keamanan mysql server dengan mengetikan kembalik mysql_secure_installation

dan lakukan langkah-langkah installasi mysql server seperti biasa.

Yandi Novriandi

baru mulai belajar.
2

Share on