Rabu, 22 May 2024

Cara Menginstal MySQL 8.0 di Ubuntu 22.04

MySQL adalah sistem manajemen basis data sumber terbuka yang populer, sering digunakan dalam stack LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP/Python/Perl)

MySQL adalah sistem manajemen basis data sumber terbuka yang populer, sering digunakan dalam stack LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP/Python/Perl). MySQL menggunakan model relasional dan SQL (Structured Query Language) untuk mengelola data. Panduan ini akan membahas cara menginstal MySQL versi 8.0 di server Ubuntu 22.04. Setelah menyelesaikan panduan ini, Kamu akan memiliki basis data relasional yang siap digunakan untuk membangun situs web atau aplikasi.

Prasyarat

Untuk mengikuti tutorial ini, Kamu membutuhkan:

  • Satu server Ubuntu 22.04 dengan pengguna administratif non-root dan firewall yang dikonfigurasi menggunakan UFW. Untuk mengatur ini, ikuti panduan awal pengaturan server kami untuk Ubuntu 22.04.

Langkah 1 — Menginstal MySQL

Di Ubuntu 22.04, Kamu bisa menginstal MySQL menggunakan repositori paket APT. Versi MySQL yang tersedia di repositori default Ubuntu adalah versi 8.0.28. Untuk menginstalnya, perbarui indeks paket di server Kamu jika belum dilakukan baru-baru ini:

sudo apt update

Kemudian instal paket mysql-server:

sudo apt install mysql-server

Pastikan server MySQL berjalan menggunakan perintah systemctl start:

sudo systemctl start mysql.service

Perintah-perintah ini akan menginstal dan memulai MySQL, namun tidak akan meminta Kamu untuk mengatur kata sandi atau melakukan perubahan konfigurasi lainnya. Karena hal ini membuat instalasi MySQL Kamu tidak aman, kita akan mengatasi ini selanjutnya.

Langkah 2 — Mengonfigurasi MySQL

Untuk instalasi baru MySQL, jalankan skrip keamanan yang disertakan. Skrip ini mengubah beberapa opsi default yang kurang aman, seperti melarang login root dari jarak jauh dan menghapus pengguna sampel.

Sejak Juli 2022, akan terjadi kesalahan ketika Kamu menjalankan skrip mysql_secure_installation tanpa konfigurasi lebih lanjut. Skrip ini akan mencoba mengatur kata sandi untuk akun root MySQL, tetapi akun ini tidak dikonfigurasi untuk terhubung menggunakan kata sandi.

Buka prompt MySQL:

Terminal
sudo mysql

Kemudian jalankan perintah ALTER USER berikut untuk mengubah metode autentikasi pengguna root menjadi menggunakan kata sandi:

ALTER USER 'root'@'localhost' IDENTIFIED WITH mysql_native_password BY 'password';

Setelah mengubah ini, keluar dari prompt MySQL:

exit

Jalankan skrip keamanan dengan sudo:

Terminal
sudo mysql_secure_installation

Ikuti serangkaian prompt untuk membuat perubahan pada opsi keamanan instalasi MySQL Kamu. Pertama, akan ada prompt untuk mengatur Validate Password Plugin untuk memeriksa kekuatan kata sandi pengguna MySQL baru.

Langkah 3 — Membuat Pengguna MySQL Khusus dan Memberikan Hak Akses

Setelah instalasi, MySQL membuat akun pengguna root yang dapat Kamu gunakan untuk mengelola basis data. Karena pengguna ini memiliki hak penuh, sebaiknya hindari menggunakan akun ini untuk fungsi non-administratif.

Masuk ke prompt MySQL:

Terminal
sudo mysql

Buat pengguna baru dengan pernyataan CREATE USER:

CREATE USER 'sammy'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';

Berikan hak istimewa yang sesuai kepada pengguna baru:

GRANT CREATE, ALTER, DROP, INSERT, UPDATE, INDEX, DELETE, SELECT, REFERENCES, RELOAD ON *.* TO 'sammy'@'localhost' WITH GRANT OPTION;

Jalankan perintah FLUSH PRIVILEGES untuk mengosongkan memori server yang di-cache:

FLUSH PRIVILEGES;

Keluar dari klien MySQL:

Terminal
exit

Untuk masuk sebagai pengguna MySQL baru di masa depan, gunakan perintah:

Terminal
mysql -u sammy -p

Langkah 4 — Menguji MySQL

Periksa status MySQL:

Terminal
systemctl status mysql.service

Jika MySQL tidak berjalan, mulai dengan:

Terminal
sudo systemctl start mysql

Periksa versi MySQL menggunakan alat mysqladmin:

Terminal
sudo mysqladmin -p -u sammy version

Jika semuanya berjalan dengan baik, output akan menunjukkan bahwa MySQL aktif dan berjalan.

Kesimpulan

Sekarang Kamu memiliki pengaturan dasar MySQL yang terinstal di server. Beberapa langkah berikutnya yang dapat Kamu ambil:

  • Membuat dan mengelola basis data.
  • Menghubungkan aplikasi web ke MySQL.
  • Melakukan backup dan pemulihan basis data.

Dengan mengikuti panduan ini, Kamu telah mengamankan dan mempersiapkan MySQL untuk digunakan dalam pengembangan proyek Kamu selanjutnya.