Kamis, 16 March 2023

    Valet 4 Telah Rilis

    Tepat pada tanggal 15 Maret, atau tepatnya semalam saat artikel ini di terbitkan, valet telah resmi merilis versi 4 yang sebelumnya itu adalah 3

    Tepat pada tanggal 15 Maret, atau tepatnya semalam saat artikel ini di terbitkan, valet telah resmi merilis versi 4 yang sebelumnya itu adalah 3.

    Laravel Valet

    Bagi yang belum mengetahui apa apa itu valet, ini adalah tool untuk memudahkan kita dalam membuat domain sewaktu di local. Tidak hanya itu, valet juga memungkinkan kita untuk sharing project ke client dengan third party plugin seperti expose atau ngrok.

    Untuk upgrade itu sebenarnya mudah saja. Anda bisa langsung edit file ~/.composer/composer.json dan silakan update versi untuk valet nya ke ^4.0. Kemudian, anda bisa langsung update.

    Panduan Upgrade ke Valet 4

    Untuk step nya, silakan ikuti perintah berikut ini. Pertama, silakan lakukan edit file, bisa dengan vim, nano, atau jika kalian tidak begitu familiar dengan editor ini, bisa langsung menggunakan subl, atau code seperti berikut:

    vim ~/.composer/composer.json
    

    Setelah itu, silakan update versi untuk valet nya seperti:

    {
         "require": {
             "laravel/valet": "^4.0",
             ...
         }
    }
    

    Jika sudah, silakan tekan esc, kemudian ketik wq (Jika memakai vim) untuk menyimpan file nya. Setelah itu, silakan lakukan composer update seperti:

    composer global update laravel/valet
    

    Kemudian, maka kita bisa lanjut untuk melakukan instasi nya dengan perintah:

    valet install
    

    Selanjutnya, Anda bisa menentukan folder apa saja yang ingin Anda jadikan sebagai workspace dengan membuat valet park.

    Beberapa Fitur Terbaru

    Dulu nya, sewaktu kita lakukan valet share, maka kita akan di hadapkan dengan ngrok by default. Namun sekarang, kita bisa memilih apakah kita ingin menggunakan expose atau ngrok. Untuk memilihnya, Anda bisa jalankan perintah:

    valet share-tool ngrok
    // or
    valet share-tool expose
    

    Dengan begitu, valet akan mengetahui bahwa dia nanti nya akan memakai third party yang mana.

    Beberapa lainnya, bisa di lihat langsung pada perintah valet list.

    valetphprc

    Jika Anda menggunakan .valetphprc untuk mendefinisikan versi php nya, maka sekarang Anda bisa rename menjadi .valetrc. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengganti isinya sekaligus.

    Operating System

    Valet ini awal nya di bangun untuk mac, namun akhir-akhir ini, valet mencoba melebar ke linux dan juga windows, sayang nya itu belum berhasil. Karena ada beberapa konfigurasi yang gagal. Sehingga masih dalam pengembangan. Bahkan ini juga tidak bisa di janjikan akan berhasil. Namun, mereka (developer) akan berusaha semaksimal mungkin.

    Alternatif Linux

    Untuk linux, mungkin saya sendiri bisa merekomendasikan Anda memakai Valet Linux untuk Linux, tidak official package, namun okelah jika hanya sebatas dev saja.

    Alternatif Windows

    Untuk windows, kalian bisa pakai Valet Windows. Sama seperti Valet linux, ini juga tidak official. Namun jika untuk dev, why not.

    Karteil
    Destinasi Utama Belajar Online dengan Format Tulisan yang Elegan
    Kunjungi Sekarang

    Irsyad A. Panjaitan

    Let's start living like no one can help us in any event, so that when we are helped in certain times, it becomes a plus in itself.

    Go to Irsyad A. Panjaitan profile
    Support me
    SaweriaGithub