Minggu, 06 August 2023

Migrasi dari XAMPP ke Laragon

Halo teman-teman, disini saya akan memberitahu ini adalah pertama kali menulis artikel di platform sendiri, dan ini belajar juga buat saya yaitu mengulang apa yang saya tau.

Intro

Halo teman-teman, disini saya akan memberitahu ini adalah pertama kali menulis artikel di platform sendiri, dan ini belajar juga buat saya yaitu mengulang apa yang saya tau.

Yang akan saya bahas kali ini adalah Laragon tentunya hal ini sudah banyak juga kalo kalian cari di search engine kesukaan kalian.

Laragon adalah aplikasi untuk kebutuhan development environment untuk PHP, Node.Js, Python, Java, web di komputer lokal dan lainnya.

Disini saya tidak akan mengajari cara untuk instalasi laragon karna itu sangat mudah kalian cuman perlu download dan instal ke website remisnya https://laragon.org

Fitur yang ditawarkan

  • Menurut saya pribadi yaitu Portable karna kalian bisa mengganti versi php masing" sesuai project yang kalian jalankan

  • Pretty URL Kalian bisa tidak melakukan localhost semacamnya karna di laragon kalian tinggal klik project

  • Isolated Sistem Laragon terisolasi dari sistem operasi yang kita miliki sehingga apapun yang kita lakukan dengan Laragon tidak akan mempengaruhi komputer lokal.

  • All In One yaitu Easy Operation kita bisa menambah versi PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL, MongoDB atau yang lainya tanpa menginstal satu-satu.

Moving on

Jika kalian pengguna XAMPP sebelumnya, ini sangat berguna buat kalian, kalian dapat mentransfer data kalian dari XAMPP ke Laragon.

Mari Kita Coba

Yang paling pertama, silakan copy semua folder yang di C:\xampp\htdocs ke dalam disk c C:\laragon\www. Setelah itu itu bisa lanjut untuk menyalin semua database nya.

Salin

  1. Start XAMPP
  2. Run :
mysqldump.exe --all-databases > C:\laragon\tmp\alldb.sql
  1. Stop XAMPP

Restore Semua Databases ke Laragon

  1. Start Laragon
  2. Run:
mysql -u root -p < C:\laragon\tmp\alldb.sql

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi teman-teman. Jangan Lupa Mampir ke https://kotonotes.com.